Keselamatan Penerbangan

Program Studi Pemanduan Lalu Lintas Udara merupakan suatu program studi yang akan memberikan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang Pemandu Lalu Lintas Udara yang lebih dikenal sebagai “Air Traffic Controller”

Seorang Pemandu Lintas Udara (Controller) bertanggung jawab penuh terhadap pergerakan pesawat di darat maupun diudara. Controller memberikan instruksi dan informasi kepada penerbang (pilot) untuk melakukan pergerakan agar terhindar dari bahaya dimulai dari pesawat bergerak dari Apron di bandara asal , diudara, sampai mendarat dibandara tujuan.

Dalam Program Studi Pemanduan Lalu Lintas Udara di ATKP MEDAN, para Taruna /I dipersiapkan untuk menjadi Controller yang handal, dan bertanggung jawab.

Mengingat besarnya permintaan Controller untuk menghadapi pesatnya pertumbuhan dan perkembangan dunia penerbangan Indonesia. Market Share yang menyerap Pemanduan Lalu Lintas Udara sangat terbuka lebar.

 

PERSYARATAN PESERTA

Peserta Program Diploma D.III. PEMANDUAN LALU LINTAS UDARA (PLLU) diharapkan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Persyaratan Peserta Program Studi D III Pemandu Lalu Lintas Udara Pendidikan minimal lulusan SMU atau sederajat
  2. Sehat Jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak buta warna dan tidak bertato. (dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter)
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik tertulis dan lisan (lulus tes Bahasa Inggris)

 

Sistem Pendidikan

Siswa siswi ATKP MEDAN disebut dengan taruna/taruni. Selama Pendidikan taruna/taruni akan diasramakan. Program Pendidikan D.III Lalu Lintas Udara dilaksanakan selama 3 tahun, 6 Semester dengan persentase 40% teori dan 60% praktek, dan menggunakan sistem gugur.